border

border

Jumat, 27 Januari 2017

Hobi Alay

Mungkin temen-temen deket wa udah pada tau kalo gue suka baca-baca komen. Gadag sih ya, cuma ini tuh untuk memperbaiki pola pikir wa. Jadi ceritanya dulu gue tuh suka menggeneralisir, dan gue mikirnya semua orang tuh punya pemikiran yang sama dan selera yang sama. Ibaratnya kalo orang nanya eh recomendasiin film dong ato makanan. Gue pasti ngasih tau apa yang gue suka tanpa nanya, kamu sukanya genre apa? tipe makanan yang kamu suka apa?
Lalu gue mikir kalo semua orang yang gue kenal, disekitar gue dan orang yang mungkin pernah komunikasi walopun cuma sekedar, itu orang baik semua dan gamungkin ngelakuin hal yang aneh-aneh. Ato lebih ekstrimnya gue nyangka seluruh orang yang ada di dunia ini orang baik, orang jahat cuma ada di drama dan di film film. Tapi bukan berati maksudnya temen gue pada ga bener loh ya. 
 
Sampai pada dimana ketika ada salah satu orang yang gue tau, dan ngelakuin hal yang salah gue nyalangap karena shok. Ibaratnya kaya gamungkin aja dia bisa begitu. Malah saking syoknya gue ngelamun dan bercermin merenung selama seminggu. 

Diawali dari suka baca komenan di netizenbuzz (alah ketauan tukang gosip) gue nemuin berbagai pemikiran dari orang-orang di belahan dunia, dimana pemikiran itu berbeda dengan apa yang gue punya. Misalnya dari sudut etika kesopanan, berpakaian,pemecahan masalah, problem yang sedang terjadi, dan lain lain. Dari situ, gue berusaha memahami pemikiran mereka. Memahami tapi bukan berati mengamini, gue tetep dengan prinsip pemikiran yang sesuai dengan konsep islam. Karena pada dasarnya pemikiran itu kalo diliat dari sudut logika dan secara kasat mata selalu benar gaada yang salah. Tapi ketika diperdalam dan dikaitkan dengan agama pasti ketauan yang mana yang bener yang mana yang salah.
Baca komenan artikel yang paling menarik yang pernah gue baca adalah tentang cerita curhatan mahasiswi disalah satu blog. Jadi, dia tuh cerita kalo dia orang asia yang kuliah di luar negri dan udah di tahun ke 2 dia pacaran. Dia curhat apakah aku harus melakukan premaritalsex dengan pacarnya ato ngga. karena pada dasarnya dia dari negara asia dimana melakukan hal tersebut melanggar norma adat, tapi kenyataan di negara dia kuliah, ini tuh normal. Tapi dia takut kalo hal ini bisa ngecewain orang tuanya. 
ketika scroll kebawah untuk baca coment sectionya, wah sesuai dengan ekspektasi gue ternyata banyak banget orang yang komen dengan berbagai jalan pikiran. Ada yang pro ada yang kontra. Tapi  gue lebih fokus baca komenan orang yang setuju untuk melakukan itu. Karena niatnya kan untuk mengetahui jalan pemikiran yang berbeda dengan yang gue punya. Dari pendapat orang-orang yang setuju gue jadi ngerti loh kenapa angka kelahiran bayi dan pernikahan di negara itu rendah. Trus gue ngerti kenapa ada orang yang ngelakuin hal itu. Disini gue bukan nge iyahin dan ngaminin kalo perbuatan itu bener, tapi niat gue cuma nyari tau jalan pemikiranya aja. Dari artikel ini gue dapet ilmu banyak ternyata  kebiasan orang-orang di berbagai negara untuk memecahkan suatu masalah itu  beragam.

Gue emang suka nonton sinetron, tapi gara-gara hobi ini gaya nonton sinetron gue jadi aneh. Pokonya jadi tiba-tiba suka nganalisis tiap karakter yang main di sinetron itu, ala ala orang pinter. Semakin banyak gue nonton sinetron koriyah dan gue baca komen-komenan yang isinya orang orang dari berbagai negara, gue jadi ngerasa kalo ih islam tuh bener banget loh ya.  Kaya islam dari dulu udah ngatur ini itu dimana peraturan ini diatur untuk mencegah terjadinya permasalahan yang muncul pada manusia modern saat ini.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar